Inovasi


Analisis Kebijakan Inovasi Pelayanan Publik

di Bidang Penanaman Modal dalam Upaya Peningkatan Kepuasan Masyarakat

 

 

ABSTRAK: “Analisis Kebijakan Inovasi Pelayanan Publik di Bidang Penanaman Modal dalam Upaya Peningkatan Kepuasan Masyarakat”. 2015.

 

 

Desentralisasi memberikan peluang Pemerintah Daerah dalam menjalankan kewenangannya secara lebih besar, termasuk dalam pengembangan iklim investasi. Dalam upaya peningkatan iklim investasi tersebut, maka diperlukan inovasi pelayanan guna peningkatan kinerja. Dengan kinerja yang baik maka kepuasan masyarakat khususnya investor dapat meningkat signifikan.

Inovasi pelayanan publik tersebut dilaksanakan dengan terlebih dahulu menganalisa faktor internal dan eksternal. Faktor internal terkait dengan kelebihan dan kelemahan sedangkan faktor eksternal terkait dengan peluang dan tantangan.

Dari analisis tersebut maka lahirkan 4 Grand strategi inovasi pelayanan publik di bidang penanaman modal diantaranya: Pertama Penyusunan Standar Operating Prosedur (SOP) dalam Bentuk Peraturan Bupati untuk seluruh item pelayanan publik di bidang penanaman modal, Kedua Melaksanakan Integrasi Pelayanan dalam Bentuk Wonogiri Investment Card (WIC), Ketiga Melaksanakan Perizinan Lokal Melalui si Cantik dan Keempat melaksanakan pelayanan promosi dan kemitraan secara efektif dan efisien.

Dengan implementasi terhadap 4 grand strategi tersebut, maka kualitas pelayanan publik di bidang penanaman modal dapat meningkat signifikan sehingga kinerja pelayanan dapat meningkat secara kontinue dan kepuasan masyarakat dapat terwujud.

 

Kata Kunci: Grand Stategy Inovasi Pelayanan Publik, Peningkatan Kinerja, Pencapaian Kepuasan Masyarakat.

 

 

Menurut Saudara bagaimana kinerja Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Wonogiri?

  • Hari Ini (35 Kunjungan)
  • Kemarin (44 Kunjungan)
  • Total (65856 Kunjungan)


  • Address:
  • Email:
  • Telpon :
  • Fax :