DPMPTSP Raih Penghargaan Pelayanan Publik


Pemerintah Kabupaten Wonogiri dinobatkan sebagai Pemerintah Daerah dengan kinerja palayanan publik sangat tinggi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Capaian ini tidak lepas dari kinerja dua Unit Kerja Pelayanan yakni Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan RSUD Dr. Sudiran Mangun Sumarso. Dua OPD ini berpedikat A- (Kualifikasi Pelayanan Sangat Tinggi) dan mendapatkan penghargaan lansung oleh Menteri PAN dan RB pada tanggal 27 November 2018 di Balai Kartini Jakarta. Sedangkan satu unit kerja lainnya yakni Dispendukcapil memperoleh predikat B (Kualifikasi Pelayanan Tinggi).

Capaian ini menjadi catatan positif bagi Pemerintah Kabupaten Wonogiri. Bupati Wonogiri sejak awal mempunyai garis kebijakan yang jelas bahwa Pemerintah Daerah harus membaca harapan masyarakat secara umum. Publik menginginkan pelayanan cepat, mudah, tidak berbelit belit, transparan dan akuntabel. Sehingga unit kerja pelayanan harus terus berkreasi dan berinovasi untuk menciptakan kinerja pelayanan yang sekurang-kurangnya sesuai dengan ekspektasi atau bahkan melebihi ekspektasi publik.

Evaluasi pelayanan publik oleh Kemenpan dan RB menggunakan enam indikator utama yakni Kebijakan Pelayanan, Profesionalisme SDM, Sarana dan Prasarana Pelayanan Publik, Sistem Informasi Pelayanan Publik, Konsultasi dan Pengaduan serta Inovasi.

Evaluasi Pelayana Publik terbagi dalam tiga tahapan. Pertama, Self Assessment oleh unit kerja pelayanan. Kedua, Validasi oleh Tim Kemenpan RB dan Lembaga Administrasi Negara. Ketiga, Survei persepsi masyarakat pengguna pelayanan.

Dari pentahapan tersebut, maka evaluasi pelayanan publik merepresentasikan kinerja aktual Pemerintah Daerah.

Menurut Saudara bagaimana kinerja Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Wonogiri?

  • Hari Ini (48 Kunjungan)
  • Kemarin (49 Kunjungan)
  • Total (72612 Kunjungan)


  • Address:
  • Email:
  • Telpon :
  • Fax :