LAPORAN SKM

Berdasarkan  9  (sembilan)  unsur/indikator  kinerja  pelayanan  publik  yang  diteliti pada  Triwulan  II  Tahun  2022  ini,  dengan  jumlah  responden  sebanyak  382  orang pelanggan/penerima  pelayanan  Dinas  PMPTSP  Kabupaten  Wonogiri  yang  melakukan input  penilaian  Survei  Kepuasan  Masyarakat  (SKM)  melalui  layanan  mesin  SKM elektronik, dapat disimpulkan bahwa :

  1. Berdasarkan analisis karakteristik jawaban responden per unsur layanan diperoleh hasil  rekapitulasi  penghitungan  jawaban  kuesioner  per  unsur  pelayanan (unsur 1 s.d. unsur 9) yang diisi oleh  responden pada Survei Kepuasan Masyarakat (SKM)  Triwulan  II  Tahun  2022,  ternyata  terdapat  kecenderungan  pilihan  jawaban yang dominan antara yang memilih jawaban ketiga (baik) dengan nilai persepsi 3 (huruf c) dan keempat (sangat baik) dengan nilai persepsi 4 (huruf d).
  2. Dari 9  (sembilan)  unsur  yang  diteliti,  semua  unsur  pelayanan mendapat  nilai  rata-rata  di  atas  3  (tiga)  dan  semuanya menunjukkan  kualitas  pelayanan  yang  sangat baik dengan mutu pelayanan berada pada kategori A. 
  3. Berdasarkan analisis  Survei  Kepuasan Masyarakat  (SKM)  sesuai  dengan  teknik  dan metode  penelitian  yang  dijabarkan  dalam  Peraturan  Menteri  Pendayagunaan Aparatur Negara  dan  Reformasi  Birokrasi Nomor  14  Tahun  2017  tentang  Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik serta didukung dengan  teknologi mesin aplikasi SKM elektronik,  kualitas pelayanan Dinas Penanaman  Modal  dan  Pelayanan  Terpadu  Satu  Pintu  (Dinas  PMPTSP)  Kabupaten Wonogiri pada Triwulan  II Tahun 2022  ini diperoleh Nilai Rata-rata Tertimbang per unsur  sebesar 3,602  sedangkan Nilai SKM unit pelayanan  sebesar 90,06 yang berarti bahwa mutu pelayanan publik Dinas PMPTSP Kabupaten Wonogiri pada semester  II  tahun  2022  ini  termasuk  dalam  kategori  A,  yang  berarti  kinerja pelayanannya dikategorikan Sangat Baik