Sosialisasi KKN Mitra Desa

Dalam rangka terselenggarannya KKN UNS Periode Januari-Februari 2024 di Kabupaten Wonogiri yang akan berkolaborasi dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Wonogiri, maka DPMPTSP Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan Rapat Koordinasi dan Sosialisasi KKN Mitra Desa.

Rapat Koordinasi dan Sosialisasi KKN Mitra Desa diselenggarakan pada 25 Januari 2024 di  kantor Desa Glesungrejo dan 29 Januari 2024 di Kantor Desa Kepyar yang mana masing-masing dihadiri mahasiswa KKN UNS dari Desa Glesungrejo, Saradan, Sirnoboyo, Kepyar, Joho, dan Tremes.

Rangkaian acara dalam Rapat Koordinasi dan Sosialisasi KKN Mitra Desa yakni sambutan dari Kepala Desa, Penandatangan Patwa Integritas yang diwakili oleh mahasiswa KKN UNS dan Perangkat Desa, Pemberian Hak Akses Mitra Desa, dan Pemaparan Materi KKN Mitra Desa dari DPMPTSP Kabupaten Wonogiri.

Program tematik KKN UNS secara umum memiliki kesinambungan dengan KKN Mitra Desa sebab berkaitan dengan para pelaku usaha mikro kecil yang akan diberdayakan melalui pembuatan profil, membantu mengeskpor hasil, dan lain sebagainya. Dimana hal tersebut, pelaku usaha memerlukan NIB.

Program KKN Mitra Desa mahasiswa KKN UNS memiliki tugas untuk membantu dalam hal pendataan dan fasilitasi NIB. Namun untuk Fasilitasi NIB dapat dilakukan secara mandiri melalui OSS atau dengan menyetorkan hasil pendataan dan akan diinputkan oleh Perangkat Desa di Aplikasi Mitra Desa dan akan difasilitasi oleh DPMPTSP.

Adapun manfaat dari kegiatan tersebut antara lain Desa dapat menggunakan data NIB untuk dapat dikembangkan menjadi Katalog Usaha maupun Profil Usaha di masing-masing desa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *