KEMUDAHAN LAYANAN PT. TASPEN (PERSERO) DI MPP NYAWIJI KABUPATEN WONOGIRI

Wonogiri- 20/07/2023 PT. Taspen (Persero) Cabang Surakarta hadir di MPP Nyawiji untuk memberikan layanan kepada masyarakat khususnya para peserta dari para Aparatur Sipil Negera (ASN). Podcast Nyawiji kali ini dihadiri langsung oleh Branch Manager PT. Taspen Persero Cabang Surakarta Ibu Anne Roosfianti. Kedatangan ibu Anne menjadi sebuah kehormatan bagi kami karena beliau bersama tim siap memberikan informasi terkait layanan yang di berikan PT. Taspen (Persero) yang hadir di MPP Nyawiji.

Hadirnya PT. Taspen (Persero) di MPP Nyawiji menjadi kemudahan bagi masyarakat Wonogiri khususnya para ASN yang ada di Kabupaten Wonogiri. Layanan yang diberikan oleh PT. Taspen (Persero) antara lain 1) Jaminan Kecelakaan Kerja, ini merupakan proteksi dari negara untuk para ASN ketika masih aktif hingga masa pensiun; 2) Tabungan Hari Tua, atau istilah ini uang Taspen; 3) Dana Pensiun; dan 4) Jaminan Kematian. Inovasi yang dikembangkan oleh PT. Taspen (Persero) salah satunya dengan adanya MPP Nyawiji ini proses claim sangat dipermudah, tanpa harus datang ke kantor cabang Surakarta cukup datang ke MPP Nyawiji. Setiap ASN akan menerima Dana Pensiun saat batas pensiun masuk sesuai dengan golongan masing-masing. Diperbolehkan para ASN menerima taspen sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya. “Misal ASN ingin menerima taspen sebesar 200 juta, itu diperbolehkan dengan mentop-up uang taspen. Inovasi ini juga diikuti oleh para P3K yang mana belum memiliki dana pensiun bisa mengikuti program Top-up tersebut. Di Kabupaten Wonogiri alhamdulillah sebagian besar P3K sudah mulai mengikuti program top-up,” terang Ibu Anne Roosfianti

Dengan skema yang baru ini atau disebut dengan iuran pasti alias fully funded, uang pensiun yang diterima ASN akan lebih besar, karena iuran yang dikenakan adalah presentase dari take home pay (THP) yang jumlahnya lebih besar. Skema fully funded selain diambil dari presentase THP, pembayaran juga akan dibayarkan bersama antara ASN dan pemerintah sebagai pemberi keja. Dengan skema pensiun fully funded tersebut, maka buka hal yang mustahil, pensiunan ASN bisa menerima dana pensiun sampai 1 M. Selain itu juga PT. Taspen memiliki program “Wirausaha Pintar” yaitu memberikan edukasi kepada para ASN yang menjelang purna baktinya untuk menjadi enterpreneur, dan PT. Taspen bersama group akan mendampingi sampai menerima laba, untuk aplikasi, maintenance Taspen siap memfasilitasi. Pertama ada program 1) Warung Mantab Sejahtera bekerjasama dengan Indogrosir; 2) Ikan Lele Mutiara (Mutu Tinggi Tiada Tara) merupakan proyek pembinaan Budidaya Ikan Lele; 3) Untuk hidroponik masih kami kembangkan lagi. PT. Taspen juga menyiapkan call center (1-500-911) untuk memudahkan pemohon bisa menghubungi PT. Taspen (Persero)  melalui call center tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *