Podcast Nyawiji: Disdukcapil Menjadi OPD Ter-Inovatif Kabupaten Wonogiri

Wonogiri-(27/06/2023) Podcast Nyawiji pada episode kali ini mendatangkan narasumber dari Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil Kabupaten Wonogiri yaitu bapak. Herdian, S.IP., M.Si. selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri. Pada saat ini layanan di Disdukcapil Kab. Wonogiri menjadi layanan yang paling ramai di MPP Nyawiji. Layanan terkait administrasi kependudukan menjadi salah satu favorit bagi masyarakat di Kabupaten Wonogiri. Disdukcapil sudah 100% memindahkan layanannya di MPP Nyawiji. Disdukcapil dikenal dengan  sistem pelayanan yang inovatif, yaitu  dengan adanya TELUNJUKSAKTI yang merupakan inovasi pelayanan Administrasi Kependudukan yang maknanya hanya dengan cara menekan layar pada mesin antrian atau tombol android dengan telunjuk/jari, masyarakat dapat memperoleh layanan dokumen kependudukan dengan cepat dan nyaman. Dengan Telunjuk sakti mendekatkan masyarakat untuk melakukan pelayanan Adminduk di Disdukcapil Wonogiri.

Disdukcapil Wonogiri saat ini juga sedang melaksanakan Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA), gerakan ini merupakan gerakan nasional untuk meningkatkan kesadaran semua pihak baik masyarakat, lembaga pengguna, dan pemerintah akan pentingnya tertib Administrasi Kependudukan (Adminduk). Ada 4 tujuan GISA, yaitu sadar kepemilikan dokumen kependudukan, sadar pemutakhiran data kependudukan, sadar pemanfaatan data kependudukan untuk semua urusan, dan sadar pelayanan Adminduk yang membahagiakan masyarakat. Strategi yang dilakukan Disdukcapil Wonogiri untuk mewujudkan GISA adalah publikasi serangan darat dan serangan udara secara masif dan kerjasama dengan pemangku kepentingan. Disdukcapil juga membentuk fasilitator milenial Adminduk dan mengevaluasi melalui Desa Sadar Adminduk. Disdukcapil berkomitmen melakukan inovasi tiada henti untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat, terang bapak. Herdian, S.IP., M.Si. selaku Kepala Disdukcapil Kab. Wonogiri.

Disdukcapil terus melalukan inovasi di sistem pelayanan dari tahun 2019-hingga saat ini masih mengembangkan model sistem pelayanan di Aplikasi Telunjuk Sakti. Harapannya masyarakat Wonogiri untuk tertib Adminduk, sadar akan kepemilikan dan pemutakhiran serta dapat memanfaatkan layanan berbasis online yang telah di keluarkan oleh Disdukcapil Wonogiri. Kepala Disdukcapil juga berharap masyarakat dapat memberikan saran perbaikan langsung kepada dinas, bukan melalui pihak lain agar dapat menjadi evaluasi untuk kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *