Berdasarkan 9 (sembilan) unsur/indikator kinerja pelayanan publik yang diteliti pada
Semester II Tahun 2020 ini, dengan jumlah responden sebanyak 76 orang
pelanggan/penerima pelayanan Dinas PMPTSP Kabupaten Wonogiri yang melakukan input
penilaian Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) melalui layanan mesin SKM elektronik, dapat
disimpulkan bahwa :
1. Berdasarkan analisis karakteristik jawaban responden per unsur layanan :
Diperoleh hasil rekapitulasi penghitungan jawaban kuesioner per unsur pelayanan (unsur
1 s.d. unsur 9) yang diisi oleh responden pada Survei Kepuasan Masyarakat (SKM)
Semester II Tahun 2020, ternyata terdapat kecenderungan pilihan jawaban yang dominan
antara yang memilih jawaban ketiga (baik) dengan nilai persepsi 3 (huruf c) dan
keempat (sangat baik) dengan nilai persepsi 4 (huruf d).
2. Dari 9 (sembilan) unsur yang diteliti, semua unsur pelayanan mendapat nilai rata-rata di
atas 3 (tiga) dan semuanya menunjukkan kualitas pelayanan yang sangat baik dengan
mutu pelayanan berada pada kategori A.
3. Berdasarkan analisis Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) sesuai dengan teknik dan metode
penelitian yang dijabarkan dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan
Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan
Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik serta didukung dengan teknologi mesin
aplikasi SKM elektronik, kualitas pelayanan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan
Terpadu Satu Pintu (Dinas PMPTSP) Kabupaten Wonogiri pada Semester II Tahun 2020 ini
diperoleh Nilai Rata-rata Tertimbang per unsur sebesar 3,600 sedangkan Nilai SKM
unit pelayanan sebesar 89,99 yang berarti bahwa mutu pelayanan publik Dinas PMPTSP
Kabupaten Wonogiri pada Semester II Tahun 2020 ini termasuk dalam kategori A, yang
berarti kinerja pelayanannya dikategorikan Sangat Baik.