Laporan Hasil SKM DPMPTSP Kab. Wonogiri Semester II Tahun 2020

Berdasarkan 9 (sembilan) unsur/indikator kinerja pelayanan publik yang diteliti pada
Semester  II  Tahun  2020  ini,  dengan  jumlah  responden  sebanyak  76  orang
pelanggan/penerima  pelayanan  Dinas  PMPTSP  Kabupaten Wonogiri  yang melakukan  input
penilaian Survei Kepuasan Masyarakat  (SKM) melalui  layanan mesin SKM  elektronik, dapat
disimpulkan bahwa :
1.  Berdasarkan analisis karakteristik jawaban responden per unsur layanan :
Diperoleh hasil rekapitulasi penghitungan jawaban kuesioner per unsur pelayanan (unsur
1  s.d.  unsur  9)  yang  diisi  oleh  responden  pada  Survei  Kepuasan  Masyarakat  (SKM)
Semester II Tahun 2020, ternyata terdapat kecenderungan pilihan jawaban yang dominan
antara  yang memilih  jawaban  ketiga  (baik)  dengan  nilai  persepsi  3  (huruf  c)  dan
keempat (sangat baik) dengan nilai persepsi 4 (huruf d).
2.  Dari 9 (sembilan) unsur yang diteliti, semua unsur pelayanan mendapat nilai rata-rata di
atas 3 (tiga) dan semuanya menunjukkan kualitas pelayanan yang sangat baik dengan
mutu pelayanan berada pada kategori A.
3.  Berdasarkan analisis Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) sesuai dengan teknik dan metode
penelitian yang dijabarkan dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan
Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan
Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik serta didukung dengan teknologi mesin
aplikasi  SKM  elektronik,  kualitas  pelayanan  Dinas  Penanaman  Modal  dan  Pelayanan
Terpadu Satu Pintu (Dinas PMPTSP) Kabupaten Wonogiri pada Semester II Tahun 2020 ini
diperoleh Nilai Rata-rata Tertimbang per unsur sebesar 3,600 sedangkan Nilai SKM
unit pelayanan sebesar 89,99 yang berarti bahwa mutu pelayanan publik Dinas PMPTSP
Kabupaten Wonogiri pada Semester II Tahun 2020 ini  termasuk dalam kategori A, yang
berarti kinerja pelayanannya dikategorikan Sangat Baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *