Laporan Hasil SKM DPMPTSP Kab. Wonogiri Semester I Tahun 2018


Berdasarkan analisis Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) sesuai dengan teknik dan metode penelitian yang dijabarkan dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik, kualitas pelayanan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dinas PMPTSP) Kabupaten Wonogiri pada semester I tahun 2018 diperoleh Nilai Rata-rata Tertimbang per unsur sebesar 3.550, sedangkan Nilai SKM unit pelayanan sebesar 88.763 atau 88.76 yang berarti bahwa mutu pelayanan publik Dinas PMPTSP Kabupaten Wonogiri pada semester I tahun 2018 ini termasuk dalam kategori A, yang berarti kinerja pelayanannya dikategorikan Sangat Baik.

Dari 9 (sembilan) unsur yang diteliti, semua unsur pelayanan mendapat nilai rata-rata di atas 3 (tiga), 7 (tujuh) unsur diantaranya menunjukkan kualitas pelayanan yang sangat baik dengan mutu pelayanan kategori A, dan hanya 2 (dua) unsur saja yang mempuyai kualitas baik dengan mutu pelayanan kategori B, yaitu unsur waktu penyelesaian (U3) dan biaya/tarif (U4).

Hal utama yang harus menjadi perhatian unit pelayanan publik Dinas PMPTSP Kabupaten Wonogiri adalah upaya peningkatan kualitas pelayanan terutama pada indikator unsur waktu penyelesaian dan biaya/tarif yang nilai rata-ratanya masih dalam kategori baik agar tidak menurun kualitasnya, bahkan dapat meningkat sehingga dapat setidaknya sama dengan 7 (tujuh) unsur pelayanan lainnya yang sudah dalam kategori sangat baik. Ketujuh unsur yang kualitas pelayanannya sudah sangat baik, yakni : penanganan pengaduan; saran dan masukan; perilaku pelaksana; produk spesifikasi jenis pelayanan; persyaratan, sarana dan prasarana; kompetensi pelaksana; dan sistem, mekanisme dan prosedur perlu dipertahankan jangan sampai terjadi penurunan dan bahkan harus lebih ditingkatkan mutu dan kualitas pelayanannya, karena pada dasarnya kualitas pelayanan itu tidak akan pernah ada yang sempurna.

Program kegiatan lain yang perlu dilakukan untuk mendukung peningkatan kinerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Wonogiri adalah evaluasi sistem pelayanan secara menyeluruh dan komprehensif sehingga dapat dirumuskan perbaikan guna terwujudnya pelayanan yang mudah, cepat dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat, baik pelayanan perizinan maupun non perizinan.adh.

Menurut Saudara bagaimana kinerja Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Wonogiri?

  • Hari Ini (26 Kunjungan)
  • Kemarin (0 Kunjungan)
  • Total (36481 Kunjungan)

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
Kabupaten Wonogiri

  • Address: Jl. Pemuda I. No.5, 57612, Indonesia
  • Email: -
  • Telpon :(0273) 5328180
  • Fax : (0273) 5328180